Thursday, May 7, 2015

SIAPA YANG LEBIH PLAYER? PRIA ATAU WANITA?

images.forbes.com
Hidup adalah permainan dan setiap orang bermain game-nya masing-masing.. karena kalo sok gak mau main, bakal dimainin orang lain. Makanya dalam hubungan romansa juga ada banyak games yang wajib dimainkan oleh kedua belah pihak dalam memikat dan memelihara hubungan...

Games-nya ratusan: Insentif, Penyediaan & Penawaran, Adaptasi, Hukuman & Hadiah, Pengorbanan, Negosiasi, Tarik Ulur, Seleksi Alam, dsb..

Games-nya sendiri netral, sama seperti pisau.. tergantung orangnya mau pakai untuk tujuan yang baik/konstruktif atau buruk/destruktif. Setulus-tulusnya orang pun dia sedang bermain, ya namanya 'Game Ketulusan'.. dia membiasakan/memaksakan diri begitu demi meraih sesuatu. 

Misalnya, seorang relijius mau nolong orang karena ada benefits: pahala/berkat, percaya/berharap diperlakukan serupa, merasa lebih suci/rohani dsb..
seseorang yang non-relijius juga jadi altruis berbuat baik karena ada benefits: merasa berguna, ciptain keharmonisan, memenuhi self actualization, dsb.. bahkan seseorang yang jahat pun mau tulus berbuat baik karena ada benefits: merasa lebih baik, dapetin simpati, nebus kesalahan/kejahatan, dsb..

Nah Ketulusan itu salah satu aksi/bukti yang paling banyak dituntut (oleh wanita) sehingga sering banget dimainkan (oleh pria) dalam romansa.. muncul lah berbagai tampilan ketulusan seperti mau peduli, nolongin, ngertiin, anter-jemputin, bayarin, dan segudang aksi baik-baik lainnya..

Semakin banyak, berbobot, dan konsisten nunjukin sisi baik, semakin skor ketulusannya meningkat.. at least begitulah anggapan populernya. Nah sialnya adalah banyak wanita hipokrit.. nuduh/ngecam pria adalah player, main game ketulusan itu karena ada maunya.. padahal dirinya juga MAIN GAME!

Apa yang dimainkan wanita? Game Keluguan, Game Jaim, Game Aku-Kan-Cewe-Jadi-Kamu-Dong-Yang-Usaha, Game Kode-Kodean, Game Jual Mahal, dsb.. :)

Malah wanita bermain game yang sangat makro strategis sekali sehingga bisa bikin semua pria setuju diri mereka adalah PLAYER.. gak tulus/baik seperti wanita.
Setiap pria dicuci otak bahwa dirinya kasar, berantakan, manipulatif, cacat, dsb.. gak seperti wanita yang lugu, lembut, baik, sempurna, dsb..

Itu sebabnya kebanyakan orang cenderung kompak mudah setuju dengan anggapan bahwa pria adalah PLAYER & wanita adalah VICTIM. Pria ngegame, Wanita digamein.

Alhasil wanita bisa jadi player/main-game dengan leluasa TANPA DICURIGAI ATAUPUN DISENTIMENIN.. karena (semua percaya) cuma pria yang player/main-game!

Menurut kamu, mana yang bisa lebih player? 
Orang yang main game-nya dibatasin/diawasin atau orang yang main game sepanjang waktu tanpa batas?

realitanya pria DAN WANITA sama-sama PLAYER, bahkan wanita cenderung lebih lihai karena gak ada orang yang curigain/sentimenin bahwa dia 'bermain'..
tapi kali ini saya bukan bahas tentang siapa yang lebih player, cuma bahas tentang REALITA semua orang bermain game.. dan bahwa itu wajar-wajar aja.
Dengan kesadaran itu, kita gak perlu sok suci, sok anti dengan game, apalagi sampai mendemonisasi player..
We're all players in this game of life! so learn about the game, understand the rules, upgrade your skills, remember the cheat codes, and play gracefully beautifully..

Sambil perbaiki mindset: bukannya cari pasangan yang engga player, tapi pasangan player yang BISA MAIN BARENG SATU TEAM dengan kamu/saya/dia/dan yang lainnya..
pasangan terbaik adalah player lihai sebanding, yang kooperatif nge-game untuk tujuan bersama.. 


it's you & me against the world, baby! ;)



Sunday, September 14, 2014

Baru Buka Blog Lagi Haa!

Sekian lama gue gak buka blog kesayangan ini rasanya....ntahlah lah rasanya apa haha.


Ngecek postingan lama ternyata cukup menghibur diri sendiri karna tanpa disadari gue ketawa senyum senyum sendiri baca tulisan lama gue, dalam hati gue ngomong sesuatu "Anjirrr ini gue yang nulis???"

Yaap postingan yang gue publish itu memang sihhhh cuma tugas-tugas kuliah aja, tapi sebenernya banyak postingan-postingan yang gue buat gak sekedar tugas kuliah aja. Tapi setelah gue baca satu persatu rasa-rasanya gue gak pengen publik ngekonsumsi tulisan gue, makanya sekarang gue jadiin Draft (saelaaah kayak ada yang baca aja HAHA).

Somehow, banyak postingan yang gue jadiin draft, padahal sebelumnya udah sempet gue posting biar kalo ada orang yang mampir ke blog gue bisa baca-baca, ntah postingan itu tentang pengalaman pribadi, tips-tips, banyolan, bahkan soal analogi & logika cinta cintaan haha geli -_-"

Rasanya pengen balik lagi ke masa dimana gue adalah orang yang rajin nulis dan baca artikel di blog atau di website. 2 tahun lalu lamanya... gue banyak belajar dari blog dan website, artikel apapun yang menurut gue menarik selalu gue baca, gue pelajarin dan gue terapin dalam kehidupan sehari hari gue. Syukur alhamdulillah banyak hal yang berubah dari diri gue 2 tahun belakangan ini berkat bekal yang gue pelajarin.

Waah kok gue malah jadi curhat gini? hahahaha

Yaudaaaahlaaah :)

Wednesday, November 6, 2013

Cara Kerja Wireless



                           

Jaringan wireless: jaringan yang mengkoneksikan dua komputer atau lebih menggunakan sinyal radio, cocok untuk berbagi-pakai file, printer, atau akses Internet.

· Berbagi sumber file dan memindah-mindahkannya tanpa menggunakan kabel.
· Mudah untuk di-setup dan handal sehingga cocok untuk pemakaian di kantor atau di rumah.
· Produk dari produsen yang berbeda kadang-kadang tidak kompatibel.
· Harganya lebih mahal dibanding menggunakan teknologi ethernet kabel biasa.

Bila Anda ingin mengkoneksikan dua komputer atau lebih di lokasi yang sukar atau tidak mungkin untuk memasang kabel jaringan, sebuah jaringan wireless (tanpa kabel) mungkin cocok untuk diterapkan. Setiap PC pada jaringan wireless dilengkapi dengan sebuah radio tranceiver, atau biasanya disebut adapter atau kartu wireless LAN, yang akan mengirim dan menerima sinyal radio dari dan ke PC lain dalam jaringan. Anda akan mendapatkan banyak adapter dengan konfigurasi internal dan eksternal, baik untuk PC desktop maupun notebook.

Mirip dengan jaringan Ethernet kabel, sebuah wireless LAN mengirim data dalam bentuk paket. Setiap adapter memiliki nomor ID yang permanen dan unik yang berfungsi sebagai sebuah alamat, dan tiap paket selain berisi data juga menyertakan alamat penerima dan pengirim paket tersebut. Sama dengan sebuah adapter Ethernet, sebuah kartu wireless LAN akan memeriksa kondisi jaringan sebelum mengirim paket ke dalamnya. Bila jaringan dalam keadaan kosong, maka paket langsung dikirimkan. Bila kartu mendeteksi adanya data lain yang sedang menggunakan frekuensi radio, maka ia akan menunggu sesaat kemudian memeriksanya kembali.

Wireless LAN biasanya menggunakan salah satu dari dua topologi--cara untuk mengatur sebuah jaringan. Pada topologi ad-hoc--biasa dikenal sebagai jaringan peer-to-peer--setiap PC dilengkapi dengan sebuah adapter wireless LAN yang mengirim dan menerima data ke dan dari PC lain yang dilengkapi dengan adapter yang sama, dalam radius 300 kaki (±100 meter). Untuk topologi infrastruktur, tiap PC mengirim dan menerima data dari sebuah titik akses, yang dipasang di dinding atau langit-langit berupa sebuah kotak kecil berantena. Saat titik akses menerima data, ia akan mengirimkan kembali sinyal radio tersebut (dengan jangkauan yang lebih jauh) ke PC yang berada di area cakupannya, atau dapat mentransfer data melalui jaringan Ethernet kabel. Titik akses pada sebuah jaringan infrastruktur memiliki area cakupan yang lebih besar, tetapi membutuhkan alat dengan harga yang lebih mahal.

Walau menggunakan prinsip kerja yang sama, kecepatan mengirim data dan frekuensi yang digunakan oleh wireless LAN berbeda berdasarkan jenis atau produk yang dibuat, tergantung pada standar yang mereka gunakan. Vendor-vendor wireless LAN biasanya menggunakan beberapa standar, termasuk IEEE 802.11, IEEE 802.11b, OpenAir, dan HomeRF. Sayangnya, standar-standar tersebut tidak saling kompatibel satu sama lain, dan Anda harus menggunakan jenis/produk yang sama untuk dapat membangun sebuah jaringan.

Semua standar tersebut menggunakan adapter menggunakan segmen kecil pada frekuensi radio 2,4-GHz, sehingga bandwith radio untuk mengirim data menjadi kecil. Tetapi adapter tersebut menggunakan dua protokol untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan dalam pengiriman sinyal:
· Frequency hopping spread spectrum, dimana paket data dipecah dan dikirimkan menggunakan frekuensi yang berbeda-beda, satu pecahan bersisian dengan lainnya, sehingga seluruh data dikirim dan diterima oleh PC yang dituju. Kecepatan sinyal frekuensi ini sangat tinggi, serta dengan pemecahan paket data maka sistem ini memberikan keamanan yang dibutuhkan dalam satu jaringan, karena kebanyakan radio tranceiver biasa tidak dapat mengikutinya.
· Direct sequence spread spectrum, sebuah metode dimana sebuah frekuensi radio dibagi menjadi tiga bagian yang sama, dan menyebarkan seluruh paket melalui salah satu bagian frekuensi ini. Adapter direct sequence akan mengenkripsi dan mendekripsi data yang keluar-masuk, sehingga orang yang tidak memiliki otoritas hanya akan mendengar suara desisan saja bila mereka menangkap sinyal radio tersebut.

Vendor wireless LAN biasanya menyebutkan transfer rate maksimum pada adapter buatan mereka. Model yang menggunakan standar 802.11 dapat mentransfer data hingga 2 megabit per detik, baik dengan metode frequency hopping atau direct sequence. Adapter yang menggunakan standar OpenAir dapat mentransfer data hingga 1,6-mbps menggunakan frequency hopping. Dan standar terbaru, HomeRF dapat mengirim dan menerima data dengan kecepatan 1,6-mbps (dengan menggunakan metoda frekuensi hopping). Wireless LAN kecepatan tinggi menggunakan standar 802.11b--yang dikenal sebagai WiFi--mampu mengirim data hingga 11-mbps dengan protokol direct sequence.


Sumber: http://esrt2000.50megs.com/cara_kerja_jaringan_tanpa_kabel_.htm

Monday, October 14, 2013

APA DEFINISI CINTA?

Semua orang punya definisi masing-masing tentang apa itu cinta dan sayang, dengan kata lain: 
"semua orang cuma mengarang!"

Kalau arti cinta dan sayang buat setiap orang berbeda, artinya: gak ada seorangpun yang tahu, tapi semua orang sok tahu :) 
Kalau arti kata sayang dan cinta bagi tiap orang adalah hasil ngarang sendiri-sendiri, ya pantes aja salah paham terus. Kalau mau ditelusuri lebih jauh lagi, kenapa semua orang jago ngarang tentang cinta, karena cinta itu sebenernya gak ada. Karena cinta itu sebenernya gak ada, cuma sebuah konsep abstrak, maka semua orang bebas ngarang cinta itu apa semau dia. 


Kata cinta dipakai untuk menjelaskan segala macam perilaku manusia yang gak masuk akal untuk mendapatkan pasangan. Ada orang bunuh diri gara-gara putus, itu karena cinta. Ada orang menentang orang tua demi pacarnya, itu karena cinta. Ada orang rela berkorban demi kekasih, itu karena cinta. Ada orang setia seumur hidup dengan pasangan, itu cinta. 

Kalau dalam debat Agama vs Sains ada istilah God of the Gaps. Nah kalo dalam romansa, istilah saya Love of the Gaps. Love of the Gaps: kalo kamu gak bisa jelasin perasaan dan sikap kamu ketika bersama dia, sebut aja itu cinta. Beres. Kenapa kamu deg-degan, kangen terus sama dia, cemburu liat dia lagi sama yang lain? Gak bisa jelasin kan, sebut aja itu cinta. Beres. Kenapa kamu rela disakiti terus, tapi gak bisa lepas dari dia? Gak bisa jelasin kan, sebut aja itu cinta. Beres. 

Dengan kata lain, kata "cinta" adalah bentuk kemalasan seseorang untuk mempelajari dan menguasai dirinya sendiri. Orang yg bilang "cinta itu alami, gak bisa dipelajari" keliatan kan malesnya? Keliatan kan kalo itu definisi ngarang sendiri. Kalo cinta itu gak ada dan semua orang ngarang definisi sendiri, berarti elo dan juga ngarang dong? IYA. membuat/menyusun konsep cinta yang lebih sehat dan bisa membantu orang lain. mencoba mendefinisi-ulang cinta supaya lebih membahagiakan bagi semua orang. 

Misalnya:

- Orang bilang: "cemburu itu tanda cinta", tapi saya bilang "cinta itu gak cemburuan" supaya orang gak bunuh-bunuhan

- Orang bilang: "cinta itu pengorbanan", tapi saya bilang "cinta itu timbal balik" supaya gak cuma satu pihak aja yang berkorban. 

- Orang bilang: "cinta itu perjuangan", tapi saya bilang "cinta itu kerja sama" kalo cuma satu pihak yang berjuang, dia lagi dikerjain

- Orang bilang: "cinta pada pandangan pertama", tapi saya bilang "gak ada cinta di awal hubungan (PDKT)" supaya kamu gak galau kalo ditolak

Apakah definisi cinta saya dan yang paling benar? Nggak. Saya gak pernah bilang kalo saya paling benar. Tapi yang jelas, definisi cinta yang  tawarkan adalah cinta yang gak lebay dan menguntungkan kedua belah pihak. Itu tujuannya :) 

Tidakkah kalian menyadari kalo cinta itu karangan manusia? dan banyak yang hanya menguntungkan sebelah pihak saja? Menurut saya definisi cinta dari  membuat hubungan lebih nyantai, minim drama dan bahagia. Silakan pilih definisi cintamu sendiri, tapi pastikan itu definisi yang membuatmu bahagia. Bukan yang bikin sengsara :)


Sumber

Sunday, October 13, 2013

Contoh Produk Dan Penerapan Telematika


Banyak contoh Penerapan Telematika di Indonesia yang banyak terjadi di segala aspek, berdasarkan perkembangan telematika, telematika di Indonesia memiliki tiga peran pokok, antara lain:

1. Mengoptimalkan proses pembangunan. Telematika memberikan dukungan terhadap manajemen dan pelayanan kepada masyarakat berupa sarana telekomunikasi yang memuahkan masyarakat saling berinteraksi tanpa terhalang jarak. Dengan telematika, proses komunikasi menjadi mudah sehingga mudah pula untuk menyebarkan informasi dari satu daerah ke daerah lain.

2. Meningkatkan Pendapatan. Produk dan jasa teknologi telematika merupakan komoditas yang memberikan peningkatan pendapatan bagi perseorangan, dunia usaha bahkan negara dalam bentuk devisa hasil ekspor jasa dan produk industri telematika.


3. Pemersatu bangsa. Teknologi telematika mampu menyatukan bangsa melalui pengembangan sistem informasi yang menghubungkan semua institusi dan area dengan cepat tanpa terhalang jarak daerah masing-masing.

Menurut Miarso (2004) terdapat sejumlah pilihan alternatif pemanfaatan di bidang pendidikan, yaitu : 

1. Perpustakaan Elektronik

Perpustakaan yang biasanya arsip-arsip buku dengan di Bantu dengan teknologi informasi dan internet dapat dengan mudah mengubah konsep perpustakaan yang pasif menjadi agresif dalam berinteraksi dengan penggunanya. Homepage dari The Library of Congress merupakan salah satu perpustakaan yang terbesar di dunia. Saat ini sebagian informasi yang ada di perpustakaan itu dapat di akses melalui internet.


2. Surat Elektronik (email)

Dengan aplikasi sederhana seperti email maka seorang dosen, pengelola, orang tua dan mahasiswa dapat dengan mudah berhubungan. Dalam kegiatan di luar kampus mahasiswa yang menghadapi kesulitan dapat bertanya lewat email.

3. Ensiklopedia

Sebagian perusahan yang menjajakan ensiklopedia saat ini telah mulai bereksperimen menggunakan CD ROM untuk menampung ensiklopedia sehingga diharapkan ensiklopedia di masa mendatang tidak hanya berisi tulisan dan gambar saja, tapi juga video, audio, tulisan dan gambar, dan bahkan gerakan. Dan data informasi yang terkandung dalam ensklopedia juga telah mulai tersedia di internet. Sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan maka data dan informasi yang terkandung dalam ensiklopedi elektronik dapat diperbaharui.

4. Sistem Distribusi Bahan Secara Elektronis (digital)

Dengan adanya sistem ini maka keterlambatan serta kekurangan bahan belajar bagi warga belajar yang tinggal di daerah terpencil dapat teratasi. Bagi para guru SD yang mengikuti penyetaraan D2, sarana untuk mengakses program ini tdk menjadi masalah karena mereka dapat menggunakan fasilitas yang dimiliki kantor pos yang menyediakan jasa internet.

5. Tele-edukasi dan Latihan Jarak Jauh dalam Cyber System

Pendidikan dan pelatihan jarak jauh diperlukan untuk memudahkan akses serta pertukaran data, pengalaman dan sumber daya dalam rangka peningkatan mutu dan keterampilan professional dari SDM di Indonesia. Pada gilirannya jaringan ini diharapkan dapat menjangkau serta dapat memobilisasikan potensi masyarakat yang lain, termasuk dalam usaha, dalam rangka pembangunan serta kelangsungan kehidupan ekonomi di Indonesia, baik yang bersifat pendidikan formal maupun nonformal dalam suatu “cyber system”.

6. Pengelolaan Sistem Informasi

Ilmu pengetahuan tersimpan dalam berbagai bentuk dokumen yang sebagian besar tercetak dalam bentuk buku, makalah atau laporan informasi semacam ini kecuali sukar untuk diakses, juga memerlukan tempat penyimpanan yang luas. Beberapa informasi telah disimpan dalam bentuk disket atau CD ROM, namun perlu dikembangkan lebih lanjut sistem agar informasi itu mudah dikomunikasikan. Mirip halnya dengan perpustakaan elektronik, informasi ini sifatnya lebih dinamik (karena memuat hal-hal yang mutakhir) dapat dikelola dalam suatu sistem.

7. Video Teleconference

Keberadaan teknologi ini memungkinkan siswa atau mahasiswa dari seluruh dunia untuk dapat berkenalan, saling mengenal bangsa di dunia. Teknologi ini dapat digunakan sebagai sarana diskusi, simulasi dan dapat digunakan untuk bermain peran pada kegiatan pembelajaran yang berfungsi menumbuhkan kepercayaan diri dan kerjasama yang bersifat sosial.

Banyak faktor yang mempengaruhi dilaksanakan atau tidaknya potensi teknologi telematika. Faktor utama, menurut Miarso (2004) adalah adanya komitmen politik dari para pengambil kebijakan dan ketersediaan para tenaga terampil.

Friday, August 30, 2013

Realita Dan Khayalan

Di mata pria, wanita itu ada 3 tipe: A) Cantik, B) Biasa aja, C) Jelek. Semua cowok tau, semua cowok ngerti. Universal. Cuma wanita yang saling menghibur diri "Gak ada wanita jelek", tapi bagi pria bedanya cantik dan jelek itu sangat jelas. 

Kalo kamu wanita dan merasa tersinggung dengan kejujuran dan kedangkalan saya sebagai pria, kemungkinan besar kamu adalah tipe C. Wanita cantik tidak akan tersinggung, karena dia tau pembagian kategori itu nyata. Selama ini dia (si wanita cantik) menikmati jadi cantik. Wanita cantik menerima perlakuan yang berbeda dan spesial dari orang-orang di sekitarnya, mereka tau dan menikmatinya. Logikanya gini aja, bisa gak saya bilang: "Gak ada pria kere, semua pria itu kaya.. Beda persepsi aja." MANA BISA! Cowok kere dan tajir bedanya jelas. Kalo ngedate dijemput Honda Vario atau Honda Jazz bedanya jelas. Realistis aja :) 

Saya menghargai wanita lewat kejujuran, supaya kamu bisa realistis dan nggak lagi bersembunyi di balik kata-kata manis. Bukan saya yang disuruh jangan jujur, tapi kamu yang harusnya usaha dan memperbaiki diri supaya gak masuk kategori jelek. Cowok gak mungkin bilang ke Cewek "Kamu jelek!", sama seperti Cewek juga gak mungkin bilang ke Cowok "Kamu kere!" Saya gak masalah kalo cewek lebih pilih cowok tajir daripada saya. Realistis aja. Saya emang gak tajir, saya tau diri :) 

Setiap orang berhak mendapatkan pasangan terbaik yang dia layak dapatkan. Selama dia mampu, siapa yg berhak melarang? 

- Cowok maunya sama wanita cantik, kalo dia mampu dapetin ya silakan. Gak perlu dicap mata keranjang, playboy, dsb. 

- Cewek maunya sama cowok tajir, kalo dia mampu dapetin ya silakan. Gak perlu lah pake dicap matre, murahan, dsb. 

Dengan realistis, kita bisa lihat kekurangan kita dan memperbaikinya. Bukan cuma menghibur diri lewat kutipan bijak. Nah, kalo tau bahwa cowok maunya sama cewek cantik ya berusahalah jadi cantik. Perawatan, makeup, diet, oplas, whatever. Jangan malah cowoknya yang dihujat karena suka cewek cantik. Seolah-olah itu sebuah kesalahan, padahal itu kan normal. 

Hal yang sama juga berlaku sebaliknya. Kalo tau cewek maunya cowok mapan, ya berusahalah jadi mapan. Kerja yang keras. Bukan malah menghujat cewek yang pacaran sama cowok tajir. Seolah itu adalah dosa berat, padahal itu kan sangat masuk akal. Mutualisme..pria senang dimanja dengan "pemandangan indah", wanita juga senang dengan "kepastian masa depan" :)) 

Sebenernya ini kan hal sederhana yang sangat logis. Kamu jadi bego gara-gara dicekokin lagu/sinetron/film/novel cinta. Gara-gara drama Korea yang cowoknya model ganteng cool romantis bisa suka sama pembantu rumah tangga, kamu jadi ngayal. Gara-gara romantic comedy yang ceweknya boss cantik smart sukses bisa jatuh cinta sama kurir kantor, kamu jadi ngayal. Kamu hidup di dunia dongeng dengan kata-kata manis, "Cinta itu menerima apa adanya, cinta itu tidak memandang rupa.." 

Faktanya: lagu/film/novel/sinetron itu digemari karena mereka memberikan fantasi yang gak bisa terjadi di dunia nyata. Semakin cepat kamu bangun dari mimpi dan membuka mata, semakin cepat kamu bisa lakukan aksi nyata untuk meraih cinta. Kalo pembantunya Scarlett Johansson, semua majikan juga mau. Kalo kurir kantornya Joseph Gordon-Levitt, manajer juga naksir!!!



"Cinta itu menerima apa adanya... Kalau semua kriterianya sudah terpenuhi" 
Gitu kalimat lengkapnya :)


Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger